HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENGGUNAAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA


OUTLINE PENELITIAN

Judul 
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENGGUNAAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMP N 1 JAWAI KABUPATEN SAMBAS 


Latar Belakang 

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam berinteraksi. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. 

Menulis merupakan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis. Keterampilan menulis syarat untuk berkecimpung dalam berbagai macam bidang atau kegiatan. Karena betapa pentingnya keterampilan dan kemampuan menulis dalam kehidupan sehari-hari. 

Alasan peneliti memilih judul ini adalah karena kemampuan menulis siswa masih rendah khususnya dalam pembelajarn menulis cerpen sehingga untuk mencapai nilai KKM sangat sulit yaitu masih banyak siswa mendapatkan nilai di bawah 75.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah umum yang diangkat dalam penelitian ini adalah “ bagaimanakah hubungan antara kemampuan menulis cerpen dengan penggunaann metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP N 1 Jawai Kabupaten Sambas?”. Adapun sub-sub masalah sebagai berikut: 
  1. Bagaimanakah kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP N  1 Jawai Kabupaten Sambas?
  2. Bagaimanakah penggunaan metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP N 1 Jawai Kabupaten Sambas?
  3. Apakah terdapat hubungan antar kemampuan menulis cerpen dengan penggunaan metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP N 1 Jawai Kabupetn Sambas?


Tujuan 
Adapun yang menjadi tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
  1. Mendiskripsikan kemmpuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP  N 1 Jawai Kabupaten Sambas.
  2. Mendiskripsikan penggunaan metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP  N 1 Jawai Kabupaten Sambas.
  3. Mendiskripsikan hubungan antara kemmpuan menulis cerpen dengan penggunaan metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP  N 1 Jawai Kabupaten Sambas.

Manfaat Penelitian 
Manfaat penelitian tindakan kelas ini ada dua  yaitu.
Teoretis
Secara teoretis peneliti ini diharapkan  yaitu untuk  memberikan sumbang terhadap penguasaan khasanah pembelajaran menulis bahasa Indonesia.

Praktis
Manfaat praktis dalam penelitian ini ada empat, yaitu manfaat bagi.
  1. Siswa: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Meningkatkan prestasi belajar yang ditujukan dengan hasil belajar yang memuaskan.
  2. Guru: Dilaksanakannya penelitian ini, dapat menjadi masukan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif secara akademis. 
  3. Peneliti : Dapat dijadikan sebagai peningkatan wawasan  ilmu Bahasa Indonesia dan turun langsung ke lapangan  dan memberikan pengalaman belajar yang dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan meneliti serta pengetahuan yang lebih mendalam terutama pada bidang Bahasa Indonesia.

Ruang Lingkup Penelitian 
Variabel Penelitian 
Istilah variaberl dapat diartikan bermacam-macam.dalam penelitian ini variabel sebagai gejala yang menjadi objek yang akan diteliti dalam suatu penelitian. Sejalan dengan itu, Sugiyono (2013: 60) mengatakan bahwa variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut. Hach dan Farady (1981) dalam (sugiyono, 2013) mendefinikan sebagai atribut seseorang atau objek, yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yang lain. 
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka dapat dirumuskan bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang atau objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh penelitian untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. 
Untuk menghindari kesalahpahaman dalam memahami isi proposal ini, maka peneliti perlu membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut. 
Variabel bebas 
Menurut Sugiyono (2013:61) variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  kemampuan menulis cerpen. 
Variabel Terikat 
Menurut Sugiyono (2913: 61) variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penggunaan metode investigasi kelompok. 

Defenisi Operasional 
Agar terdapat kesesuaiam penafsiran serta memperjelas definisi yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. 

Menulis 
Menulis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipakai oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka mengalami bahasa dan grafik itu. 

Cerpen 
Cerita pendek ( cerpen) yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seni, keterampilan menyajikan cerita, yang di dalamnya merupakan satu kesatuan bentuk utuh, menunggal,dan tidak ada bagian-bagian yang tidak perlu, tetapi juga ada bagian yang terlalu banyak. Cerpen memiliki unsur intrinsik yang meliputi tema, penokohan, alur atau plot, latar atau setting, gaya bahasa dan sudut pandang penceritaan. 

Hipotesis Penelitian 
Sugiono (2014:62) menyatakan hipotesis adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, di mana rumusan masalah penelitian telahdinyatakan dalam bentuk pertanyaan. 
Adapun peneliti mengungkapkan hipotesis dalam penelitian ini adalah: 
Ho: kemampuan menulis cerpen tidak berpengaruh terhadap penggunaan metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP N 1 Jawai Kabupaten Sambas. 
Ha: menulis cerpen berpengaruh terhadap penggunaan  metode investigasi kelompok siswa kelas VIII SMP  N 1 Jawai Kabupaten Sambas. 

Metode dan Bentuk Penelitian 
Metode Penelitian 
Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. 
Bentuk Penelitian 
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasi ( correlational study).

Teknik Analisis Data 
Data akan dianalisis menggunakan teknik korelasi dalam statistik parametrik pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis produc momen.

Keterangan : 
 rxy        = Koofesien korelasi
∑xy       = Jumlah hasil perkalian variabel x dan variabel y
∑x         = Variabel bebas (menulis cerpen)
∑y         = Variabel terikat ( metode investigasi kelompok )
n           = Jumlah sampel yang diteliti
∑x^2        = Jumlah skor x yang setelah dikuadratkan 
∑x^2        = Jumlah skor y yang setelah dikuadratakan. 

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENGGUNAAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENGGUNAAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK SISWA Reviewed by PENDIDIKAN POPULER on 18:37 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.