PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)


PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

A. Pembelajaran Kooperatif
1. Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif mencakupi suatu kelompok kecil siswa atau peserta didik yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama. Beberapa pakar pendidikan mendefinisikan pembelajaran kooperatif sebagai berikut : Slavin (2005: 4) mengatakan bahwa “pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pembelajaran”. Menurut Lie (2010) pembelajaran kooperatif adalah sistem pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas dan terstruktur.

Dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian pembelajaran kooperatif yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang heterogen yang saling bertanggung jawab dalam membangun pemahaman belajar yang baik antar sesama anggota kelompoknya.

2. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Terdapat enam langkah utama atau tahapan di dalam pelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif Rusman (2010: 211) itu ditunjukkan pada tabel berikut :

Langkah-langkah di atas menunjukkan bahwa pelajaran dimulai dari guru menyampaikan tujuan pelajaran dan memotivasi siswa dalam belajar, langkah ini diikuti oleh penyajian informasi, kemudian siswa dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok belajar, tahap ini diikuti bimbingan guru pada saat kelompok-kelompok siswa bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas mereka, langkah terakhirnya adalah penyampaian hasil kerja kelompok melalui presentasi atau evaluasi tentang apa yang telah mereka pelajari dan diikuti dengan pemberian penghargaan terhadap hasil kerja kelompok dan individu sehingga membuat siswa menjadi termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

B. Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
1. Pengertian Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan tipe pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dikembangkan oleh Spancer Kagan 1992. Spancer Kagan (Lie, 2010: 59) mengemukakan bahwa, “teknik ini memberi kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat”. Teknik ini juga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama siswa dan memudahkan dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut.

Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tiipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur-struktur khusus dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dikembangkan dengan melibatkan siswa dalam melihat kembali bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memeriksa pemahaman siswa mengenai isi pelajaran tersebut.

Struktur pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) sering disebut berfikir secara kelompok. Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) digunakan untuk melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dlaam suatu pelajaran tersebut. Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah pembelajaran yang pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok. Adapun ciri khas dari pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah guru menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya. Dalam menunjuk siswa tersebut, guru tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya. Dalam implementasinya guru memberi tugas dalam bentuk LKS, kemudian hanya siswa bernomor yang berhak menjawab. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat diartikan sebagai salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekakankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik melalui diskusi yang terdiri dari kelompok-kelompok kecil yang heterogen, serta kesiapan siswa saat dipanggil nomor-nomornya oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Menurut Trianto (2010 :62) langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah:
a. Fase 1 : Penomoran
Dalam fase ini guru membagi siswa kedalam kelompok 3-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1-5.
b. Fase 2 : Mengajukan pertanyaan 
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan dapat bervariasi.
c. Fase 3 : Berfikir bersama
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinka tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.
d. Fase 4 : Menjawab
Guru memanggil satu nomor tertentu, kemuian siswa yang nomornya sesuai mengcungkan tangannya dan mencoba menjawab pertanyaan untuk selutruh kelas.

Pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) diawali dengan numbering. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Setiap anggota kelompok diberi nomor sesuai dengan jumlah anggota kelompok. Setelah terbentuk kelompok, maka guru mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap kelompok, selanjutnya guru meberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menyatukan kepalanya “Heads Together” berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan guru. Langkah selanjutnya, guru memanggil siswa yang bernomor sama dari masing-masing kelompok. Siswa-siswa tersebut diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya, secara bergantian. Bedasarkan jawabn tersebut guru dapat mengembangkan diskusi dan siswa dapat menemukan jawaban ppertanyaan dari guru sebagai pengetahuan yang utuh (Suprijono, 2012: 9).

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa langkh-langkah pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah sebagai berikut:
a. Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil antara 5 orang siswa secara heterogen.
b. Memberi nomor kepada setiap anggota kelompok sesuai jumlah anggota kelompok tersebut.
c. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dan mewmbwrikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya.
d. Guru memanggil salah satu nomor, dan siswa yang merasa nomonya dipanggi oleh guru diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya.

3. Manfaat Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Ada beberapa manfaat pada pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) menurut Hamdani (2010: 90) yaitu:
a. Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
b. Mempu memperdalam pemahaman siswa.
c. Melatih tanggung jawab siswa.
d. Menyanangkan siswa dalam belajar.
e. Mengembangkan rasa ingin tahu siswa.
f. Meningkatkan rasa percaya diri siswa.
g. Mengembangkan rasa saling memiliki dan kerjasama.
h. Setiap siswa termotivasi untuk menguasai materi.
i. Menghilangkan kesenjangan antara yang pintar dengan tidak pintar.
j. Tercipta suasana gembira dalam belajar.

4. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
a. Kelebihan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) menurut Hamdani (2010: 90) yaitu:
1) Siswa menjadi antusias dan bertanggung jawab dalam belajar, karena siswa memiliki nomor di kepala masing-masing.
2) Siswa menjadi lebih aktif untuk berpendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan.
3) Siswa menjadi siap apabila nomor yag dikepalanya yang disebutkan oleh guru.
4) Siswa dapat saling membantu, jika ada siswa yang belum jelas maka siswa yang pandai mengajari siswa yang belum jelas.
b. Kekurangan Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) menurut Hamdani (2010: 91): 
1) Ada kemungkinan nomor yang sudah dipanggil akan terpanggil kembali.
2) Tidak semua anggota kelompok akan dipanggil oleh guru karena keterbatasan waktu.


Sumber:

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman. (2010). Model-Metode pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman, (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A.(2013).Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) Reviewed by PENDIDIKAN POPULER on 18:02 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.